\

BANTEN PUSTAKA, MOTIVASI PENINGKATAN KUALITAS PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA TANGERANG.

BANTEN PUSTAKA, MOTIVASI PENINGKATAN KUALITAS PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA TANGERANG.


Memenuhi undangan Rapat Evaluasi Sistem Layanan Perpustakaan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten, Kamis, 9 Desember 2021. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang yang diwakili oleh H. Sa’adih, S.Sos beserta staf, berkesempatan untuk melakukan koordinasi dan konsultasi terkait sistem Banten Satu Pustaka (Batu Pusaka) yang sedang dikembangkan oleh DPK Provinsi Banten saat ini, untuk mewujudkan integrasi Online Public Acces Catalogue (OPAC) DPAD Kota Tangerang dalam sistem layanan Batu Pusaka. 

Melalui kegiatan ini diharapkan agar bisa menghasilkan satu pemahaman dan kesepakatan antara DPK Provinsi dan Lembaga Perpustakaan Kab/Kota se-Provinsi Banten untuk mengintegrasikan sistem perpustakaan kearah yang lebih luas untuk kepentingan layanan perpustakaan kepada masyarakat Banten. 

Batu Pusaka merupakan sebuah wadah tunggal untuk memudahkan pencarian koleksi publik/OPAC dari perpustakaan seluruh Kabupaten/Kota yang berada di wilayah Provinsi Banten. Dengan Batu Pusaka, para pemustaka tidak harus datang ke kabupaten/kota se-Provinsi Banten untuk melakukan pencarian bukunya tetapi cukup dengan mengakses “batupusaka” pemustaka mengetahui ada dimana bukunya tersebut sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Dengan terintegrasinya OPAC DPAD Kota Tangerang dalam sistem layanan Batu Pusaka, kelak diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas perpustakaan daerah Kota Tangerang secara khusus untuk bisa bersaing dengan perpustakaan daerah lainnya, baik dari kualitas dan kuantitas bahan pustaka, keanggotaan, jumlah pengunjung dan pelayanannya serta serta peningkatan minat budaya baca masyarakatnya, dan secara umum dapat menumbuhkembangkan gerakan gemar membaca, meningkatkan literasi, kemudahan akses dan penguasaan ilmu pengetahuan yang merupakan modal bagi seseorang untuk lebih berdaya dalam meningkatkan kualitas hidup, kesejahteraan dan kemajuan bangsa. (DNW)


BERITA LAINNYA

09 Dec 2021 09:00

LITERASI MASYARAKAT

09 Dec 2021 09:00

STORY TELLING NET (Guru…