\

Pembinaan Perpustakaan Sekolah di SDN Kebon Besar 2, SDN Karawaci 13 dan SDIT Granada oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang

Pembinaan Perpustakaan Sekolah di SDN Kebon Besar 2, SDN Karawaci 13 dan SDIT Granada oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang

Tangerang, 16 Mei 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan sekolah, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang melaksanakan pembinaan di SDN Kebon Besar 2, SDN Karawaci 13 dan SDIT Granada. Kegiatan ini melibatkan pustakawan yang dibantu oleh tim dari Bidang Pengembangan dan Dokumentasi untuk melakukan instalasi aplikasi Inlislite versi 3.2 serta memberikan pelatihan tentang tata cara pengolahan dan penginputan buku ke dalam aplikasi tersebut.

Kegiatan pembinaan diawali dengan instalasi aplikasi Inlislite versi 3.2 di komputer pengelola perpustakaan sekolah. Aplikasi ini merupakan perangkat lunak yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional dan dapat diunduh secara open source. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan pengelolaan buku perpustakaan sekolah dapat menjadi lebih efisien dan terorganisir.

Setelah instalasi aplikasi selesai, tim dari Bidang Pengembangan dan Dokumentasi bersama pustakawan melanjutkan kegiatan dengan memberikan penjelasan mendetail tentang tata cara pengolahan buku dan penginputan data buku ke dalam aplikasi Inlislite. Proses ini meliputi:

  1. Klasifikasi Buku: Tim menjelaskan cara mengklasifikasikan buku berdasarkan sistem klasifikasi yang berlaku, sehingga memudahkan dalam pencarian dan penataan buku.
  2. Penginputan Data: Langkah-langkah penginputan data buku ke dalam aplikasi Inlislite, termasuk memasukkan informasi seperti judul buku, penulis, penerbit, tahun terbit, dan kode klasifikasi.
  3. Pengelolaan Sirkulasi: Penggunaan fitur aplikasi untuk mengelola sirkulasi buku, termasuk peminjaman dan pengembalian buku, serta pencatatan anggota perpustakaan.

Kepala SDN Kebon Besar 2, menyambut baik kegiatan ini. "Kami sangat berterima kasih atas kehadiran dan bimbingan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang. Dengan adanya Pembinaan melalui aplikasi Inlislite, kami berharap perpustakaan sekolah kami bisa tertata dengan baik dan memudahkan kami dalam proses pencarian buku," ujarnya.

Senada dengan itu, Kepala SDN Karawaci 13, juga mengungkapkan rasa terima kasihnya. "Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan perpustakaan agar dapat memberikan manfaat maksimal bagi siswa dan guru," Ujar Kepala SDN Karawaci 13.

Sementara itu, Kepala SDIT Granada, juga menyampaikan apresiasinya. "Pembinaan ini sangat membantu kami dalam mengelola perpustakaan. Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk menata perpustakaan sekolah kami dan kami berharap pembinaan ini terus berkelanjutan agar pengolahan buku pada perpustakaan sekolah kami menjadi lebih baik lagi sehingga memudahkan dalam pencarian buku dan dapat meningkatkan minat baca siswa kami," Ujarnya.

Dengan adanya pembinaan ini, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang berharap agar perpustakaan sekolah di Kota Tangerang dapat berkembang lebih baik dan mampu menjadi pusat sumber belajar yang efektif bagi para siswa. Program ini merupakan bagian dari upaya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah dalam mendukung peningkatan literasi di kalangan pelajar dan masyarakat umum.

BERITA LAINNYA

16 May 2024 13:00

LITERASI MASYARAKAT

16 May 2024 13:00

STORY TELLING NET (Guru…