\

Pemkot Tangerang Melalui DPAD Gelar Pemilihan Duta Baca

Pemkot Tangerang Melalui DPAD Gelar Pemilihan Duta Baca

Tangerang, 25 Juli 2024 - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang menggelar pemilihan Duta Baca Kota Tangerang. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang dinilai masih rendah. Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi tersebut dan menekankan pentingnya meningkatkan budaya dan gemar membaca di tengah masyarakat.

"Minat baca masyarakat kita masih jauh dari harapan. Kita perlu berinovasi untuk membuat bacaan lebih menarik dan relevan dengan kebutuhan masyarakat," ujar Dr. Nurdin. Beliau menggaris bawahi pentingnya meningkatkan minat baca masyarakat yang masih rendah di Indonesia. Ia menekankan bahwa bukan hanya jumlah pembaca yang perlu ditingkatkan, tetapi juga jenis bacaan yang menarik minat masyarakat, "Kita perlu pendekatan yang komprehensif untuk meningkatkan minat baca masyarakat," tambahnya.

Dari 36 peserta yang mengikuti pemilihan ini, terpilih tiga orang sebagai Duta Baca Kota Tangerang, yaitu Muhammad Amaludin, Fathan Akbar Ramadhan, dan Muhammad Suryadi. Ketiga Duta Baca ini akan berperan aktif dan dilibatkan dalam berbagai kegiatan literasi di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang, Drs. Engkos Zarkasyi A, M.Si, menyampaikan bahwa "potensi literasi yang dimiliki oleh finalis Duta Baca serta visi dan misi yang dibuat oleh mereka akan dikolaborasikan dengan visi dan misi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang ke depan. Hal ini diharapkan dapat memperkuat upaya peningkatan minat baca dan budaya literasi di kalangan masyarakat." Ujar Beliau.

Drs. Engkos Zarkasyi A, M.Si, Menambahkan. "Insyaallah di tahun depan program-program yang sudah disusun oleh finalis kita akan kolaborasikan, Salah satu program DPAD yang sudah berjalan adalah hadirnya perpustakaan keliling ke sekolah-sekolah, kegiatan story telling, mendongeng, dan lain-lain."

Dengan adanya pemilihan Duta Baca ini, diharapkan dapat menjadi salah satu langkah efektif dalam meningkatkan minat baca dan menciptakan budaya literasi yang kuat di Kota Tangerang.

BERITA LAINNYA

25 Jul 2024 17:00

LITERASI MASYARAKAT

25 Jul 2024 17:00

STORY TELLING NET (Guru…